TATA CARA PENGAJUAN PENERBITAN BUKU DI PENERBIT GARUDHAWACA :

  1. PASTIKAN Anda sudah selesai menulis/menyusun buku Anda.
  2. PASTIKAN Anda cukup percaya diri pada kualitas buku Anda.
  3. Lakukan Proses Lay Out Mandiri dengan menggunakan format ukuran halaman sebagai berikut :
    • Ukuran halaman buku 14,5 x 21 cm atau 14 x 20 cm atau 13 x 19 cm
    • Margin rata atas bawah kanan kiri masing-masing 2 cm.
    • Font disarankan menggunakan panduan kami, lihat Panduan Memilih Font.
    • Bagi yang butuh panduan, silakan klik baca : Panduan Lay Out dengan MS WORD
  4. Kirim file isi buku baik dalam format .PDF maupun .DOC ke email kami : garudhawaca@gmail.com
  5. Redaksi akan membalas mengenai bersedia atau tidaknya kami menerbitkan naskah Anda.
  6. Redaksi juga akan menginfokan berapa harga jual akhir buku dan berapa biaya yang harus Anda bayarkan (Biaya Pracetak + Donasi + Biaya pemesanan edisi cetak + ongkos kirim) — Sebagian Donasi akan disalurkan kepada program Adisuka Inisiatif, sebuah program yang diinisiasi oleh Didik Adi Sukmoko (pendiri dan pengelola Penerbit Garudhawaca) untuk mendukung kegiatan seni di Yogyakarta.
  7. Nah, selanjutnya tunggu proses sampai buku Anda tiba-tiba terbit!

Di bawah ini beberapa penjelasan lain yang mungkin masih Anda butuhkan.

Penerbit Garudhawaca adalah usaha Jasa Penerbit Buku Online dan Percetakan.

Penerbitan online adalah sistem penerbitan yang memaksimalkan dukungan sistem online. Mulai dari proses pengajuan naskah yang bisa dilakukan secara online, juga dukungan promosi dan distribusi secara online.
Selain penulis dapat memesan sekian eksemplar buku edisi cetak untuk diedarkan sendiri, kami juga akan membantu mempromosikan buku dan melayani penjualan melalui toko buku online dan berbagai aplikasi E-book Reader.

Naskah seperti apa saja yang bisa diterbitkan?

Buku Teks kuliah para dosen, buku motivasi dan inspirasi, biografi, panduan profesi, buku fiksi karya remaja dan mahasiswa, puisi, sastra jawa, hasil penelitian ilmiah, budaya, seni, politik, dan apa saja. Garudhawaca menerima segala jenis naskah buku Anda. Meski demikian kami akan melakukan sedikit seleksi untuk memastikan naskah Anda layak baca.

Apakah naskah terjemahan bisa diajukan?

Kami akan berhati-hati dalam menerbitkan naskah terjemahan yang diajukan oleh penerjemah. Naskah terjemahan yang memiliki copyright/hak cipta tentu harus diselesaikan perijinannya terlebih dahulu. Kebanyakan penerbit asing akan menetapkan biaya ijin penerjemahan yang relatif tinggi. Untuk ini harus dibicarakan secara lebih matang oleh penerjemah dan tim redaksi Penerbit Garudhawaca.

Apakah Penulis harus membayar biaya tertentu?

YA. Kami menetapkan adanya

  • BIAYA PRACETAK meliputi desain cover dan layout yang besarnya akan disampaikan setelah naskah masuk dan diperiksa.
  • Donasi sukarela untuk program Adisukma Inisiatif, program dukungan Garudhawaca bagi kegiatan seni budaya di Yogyakarta.
  • Biaya order cetak. Besaran ini tergantung jumlah halaman dan jumlah oplah sekali cetak. Batas minimal order cetak adalah 20 eksemplar dan disarankan di atas 100 eksemplar untuk mendapatkan efektivitas harga yang menguntungkan.

Bagaimana dengan desain sampul?

Tim Redaksi kami memfasilitasi kebutuhan desain sampul. Penulis diharapkan sudah melakukan setting tata letak (lay out) sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh tim redaksi, dan redaksi akan menyiapkan desain sampul dengan biaya yang terjangkau. Akan tetapi, jika pihak penulis sudah menyiapkan desain cover sangat bisa diusulkan. Jika memang dirasa desain usulan penulis lebih cocok, maka desain dari penulis yang akan dipakai.

Bagaimana dengan sistem Royalti dan harga buku ?

Kami menyarankan penulis memesan edisi cetak untuk dijual sendiri. Namun Penerbit Garudhawaca juga mendukung dengan melakukan penjualan melalui toko online. Untuk buku yang terjual melalui jalur toko online kami, Kami akan memberikan royalty sebesar 20% dari harga buku baik untuk edisi cetak maupun edisi digital. Royalti akan dilaporkan kepada penulis dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari dan Agustus sesuai dengan jumlah buku dan ebook yang terjual sampai dengan periode saat itu. Pembayaran Royalti akan dilakukan bulan Maret dan September.
Harga buku ditentukan oleh Penerbit melalui pertimbangan biaya produksi. Harga ebook akan lebih murah dari harga buku cetak.

Di manakah buku-buku Penerbit Garudhawaca dijual?

Buku akan diterbitkan dalam dua versi yaitu edisi cetak dan edisi digital (ebook) dalam format pdf. Kedua versi tersebut dijual melalui jalur online. Berikut ini adalah jalur-jalur penjualan buku yang aktif sampai dengan Februari 2016.

Jalur Penjualan Ebook :

  • Google Play Books – Aplikasi ebook bekerja pada perangkat Android
  • SCOOP – Aplikasi ebook bekerja pada perangkat Tablet dan Smartphone iOS dan Android.
  • Indobooks – Aplikasi bekerja pada perangkat Tablet dan Smartphone Android.
  • Bukupedia – Aplikasi bekerja pada perangkat Android dan Blackberry
  • LIVI — Aplikasi bekerja pada perangkat Android
  • Toko Buku — Aplikasi bekerja pada perangkat Android
  • Google Books – Ebook Webstore
  • Getscoop.com – Ebook Webstore
  • Bukupedia.com – Ebook Webstore

Jalur Penjualan edisi cetak :

Bisakah Penulis melakukan pemasaran sendiri?

Tentu. Justru diharapkan penulis mampu melakukan pemasaran sendiri. Caranya adalah dengan memesan buku cetak kepada kami. Untuk ini, kami akan memberikan harga khusus sebesar 60% atau atau kurang kepada penulis yang memesan buku karyanya sendiri. Harga khusus penulis ini akan tergantung pada jumlah cetakan setiap judulnya. Semakin banyak semakin murah. Akan tetapi, buku yang dibeli oleh penulisnya sendiri tidak akan dihitung dalam laporan royalty. Diharapkan penulis sudah bisa mendapatkan keuntungan dari diskon khusus tersebut. Batas minimal pemesanan buku oleh penulis adalah 10 eksemplar per judul.

Beberapa penulis mampu menjual buku dalam jumlah cukup banyak dan mendapatkan keuntungan lumayan dari proses menjual sendiri buku-bukunya.

Bagaimanakah prospek penjualan buku online?

Indonesia memiliki 250 juta penduduk dan lebih dari 50 juta pengakses internet. Secara teori Indonesi memiliki prospek luar biasa dalam potensi online market. Akan tetapi pembelian buku melalui toko online dan pembelian ebook belum menjadi perilaku yang umum di Indonesia.

Beberapa buku terjual cukup bagus, namun ada pula yang tidak terjual sama sekali bahkan dalam waktu satu tahun. Oleh karena itu, masih sangat dibutuhkan kampanye terus menerus baik oleh penerbit, perusahaan penyedia aplikasi dan content serta oleh para penulis untuk mempromosikan keberadaan bukunya.

Diharapkan para penulis gencar mempromosikan karyanya melaui berbagai kesempatan misalnya melalui media sosial, atau berbagai aktivitas kerja yang dilakukannya.

Bagaimana mengenai kerawanan pembajakan Ebook?

Kami memasrahkan peredaran ebook kepada berbagai perusahaan aplikasi ebook yang berkompeten. Masing-masing aplikasi sudah menerapkan sistem DRM (digital rights management) yang memungkinkan ebook terproteksi dan tidak bisa disebarluaskan keluar dari gadget yang digunakan untuk pembelian pertama.
Namun tentu saja selalu ada pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang akan berusaha membongkar proteksi untuk kepentingannya sendiri. Sebagaimana buku cetak juga banyak difotokopi dan disebarkan terbatas oleh para pelaku yang ini merugikan penerbit dan penulis. Namun sejauh ini, hal tersebut masih bisa kita anggap sebagai sesuatu yang tidak terlalu mengganggu.
Masing-masing aplikasi ebook akan terus meningkatkan sistem keamanan mereka.

 

Berkaitan dengan banyaknya naskah yang masuk, maka proses penerbitan membutuhkan waku 1-4 bulan tergantung jumlah antrian naskah yang setiap bulan mengalami fluktuasi yang berbeda. Mohon para penulis memaklumi hal ini.

Jika masih ada pertanyaan silakan disampaikan melalui email : garudhawaca@gmail.com

Salam

Redaktur
Penerbit Garudhawaca : Penerbit Buku Online dan Percetakan

garudhawaca@gmail.com | SMS 0856 2856 610

Contact Us

Email : garudhawaca [at] gmail [dot] com

SMS   : 0856 2856 610
Whats App : 0856 2856 610
Line : 0856 2856 610

Line@ : @cgi0608d